Senam Pernafasan

Berbagai jenis senam pernafasan dapat dengan mudah kita jumpai disekitar kita. Senam pernafasan ini menghasilkan kesehatan yang baik pada peserta latihan dan pada tingkat lanjut menghasilkan tenaga dalam.  Bagian pokok dari senam pernafasan ini  adalah mengatur pernafasan; kapan menarik nafas, menahan nafas, dan kapan mengeluarkan nafas. Pengaturan nafas ini ada yang dibarengi  dengan gerakan2 tertentu, dan ada juga yang hanya duduk bersila. Kalau kita tanyakan kepada peserta latihan, maka umumnya mereka akan menjawab bahwa latihan yg mereka lakukan adalah untuk menyelaraskan diri dengan alam dan menarik energi alam, sehingga  mereka sehat dan memiliki tenaga dalam. Hanya  itulah pengetahuan para peserta latihan, termasuk para senior yg telah memiliki tenaga dalam.

Bagaimana hal tersebut diatas  bisa dijelaskan?   Sebenarnya yg mereka lakukan itu adalah seperti menaruh sepotong besi didalam medan magnet (kumparan yg dilalui arus listrik), sehingga besi tersebut akhirnya menjadi magnet.  Besi tersebut sebenarnya telah mempunyai potensi sebagai magnet, tetapi masing2 kutub positip dan kutub negatif dari molekul2 nya tidak beraturan arahnya (bercampur). Akibatnya besi tidak mempunyai tenaga untuk menarik dan mendorong.  Medan magnet membuat kutub positip  dan kutub negatif dari molekul2 besi masing2 menjadi searah, dan besi menjadi magnet; artinya mempunyai kekuatan menarik dan mendorong besi lainnya.  Manusia identik dengan besi tersebut, mempunyai potensi sebagai magnet, hanya arah kutub positif dan negatifnya tidak beraturan.  Latihan yang dilakukan membuat manusia selaras dengan medan magnet raksasa dari bumi dan planet2 disekitarnya, dan akhirnya terjadi induksi. Keselarasan dan induksi ini menyebabkan peserta latihan menjadi lebih sehat, potensi magnetnya jadi terbangun  dan mereka menjadi magnet kecil (mempunyai tenaga dalam). Inilah adalah keselarasan micro cosmos (manusia)   dan macro cosmos (alam)

Islam mengajarkan bahwa alam itu adalah mahluk Tuhan juga, sama seperti manusia, artinya alam itu diciptakan oleh Tuhan juga dan pada saatnya nanti juga akan dihancurkan. Islam  melarang umatnya untuk bergantung pada sesama  mahluk Tuhan, tetapi hanya kepada Allah. Jadi magnet manusia seharusnya berinduksi pada Maha Magnet Allah.  Perlu diketahui bahwa medan magnet Tuhan itu jauh lebih kuat daripada medan magnet alam, berarti juga magnet manusia yang berinduksi kepada magnet Tuhan akan jauh lebih powerful dibandingkan dengan magnet manusia yang berinduksi kepada alam.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah  yang harus dilakukan oleh seorang muslim yang menjadi peserta  latihan senam pernafasan, agar tidak menginduksi magnet alam? Dengan sedikit membelokkan kiblat dari latihan senam pernafasan tersebut, maka ia tidak menginduksi medan magnet dari planet2 (alam), tetapi menginduksi medan magnet Allah.  Caranya adalah dengan melakukan syahadat hati; membaca dalam hati Asyhadu allaa ilaaha illallaah (aku bersaksi tiada tuhan melainkan Allah) pada waktu menarik nafas, dan membaca Wa asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah) pada waktu melepaskan nafas. Pembacaan dilakukan secara perlahan sesuai dengan penarikan/pelepasan nafas, sehingga pembacaan dalam hati selesai bersamaan dengan selesainya penarikan/pelepasan nafas. Jika syahadat hati ini tidak bisa dibaca pada setiap gerakan, usahakan agar dibaca pada sebagian besar gerakan. Syahadat hati disertai gerakan2 ini juga berarti mengsyahadatkan seluruh anggota tubuh.

-ooOoo-

About these ads

About irawan firmansyah

I am a civil engineer, BS Univ of Indonesia, graduated in 1978, MS univ of Wisconsin-Madison, USA, graduated in 1984. I am married, having 3 children.
This entry was posted in Spritual and Reflections and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Senam Pernafasan

  1. tono says:

    itu dilakukan dengan posisi apa pak?

    • Mas Tono,
      Saya kurang jelas apa yg dimaksud dengan itu? Kalau itu adalah syahadat hati, maka itu dilakukan pada saat latihan senam pernafasan, kalau disertai dengan gerakan2, ikuti gerakan2nya seperti peserta lain, hanya dihati baca syahadat saat mengambil nafas dan saat mengeluarkan nafas.

  2. HMMM,,,SAYA TERINGAT WAKTU MASIH AKTIF LATIHAN TENAGA DALAM…

  3. usefull information…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s