Hukum Pembalasan

Hukum pembalasan atau sebagian orang menyebutnya hukum karma adalah pendapat yang menyatakan bahwa seseorang akan menerima pembalasan sesuai dengan apa yang diperbuatnya. Kalau ia berbuat kebaikan ia akan mendapat ganjaran kebaikan, sebaliknya kalau ia menebar kejahatan maka is akan menuai kejahatan. Adanya hukum ini paling tidak  membuat sebagian orang  berusaha untuk selalu berbuat kebaikan.

Apakah seseorang bisa terlepas dari  akibat perbuatannya yang kurang baik? Pengalaman selama ini menunjukkan tidak bisa. Kalau demikian bagaimana mekanisme itu berjalan? Ternyata Allah telah menciptakan suatu sistem dimana seseorang tanpa disadarinya  akan menyiapkan sendiri pembalasan bagi dirinya. Jadi seperti program komputer, output tergantung pada apa yang di inputkan; garbage in garbage out.  Contoh nyata yang sempat penulis amati adalah adalah sbb: Ada seseorang yang sangat kikir terhadap orang tua. Karena merasa bahwa dengan bersifat kikir tersebut membawa keberhasilan dalam hidupnya, maka  ia menanamkan sifat kikir tersebut kepada anak2nya, semenjak mereka masih kecil, agar anak2nya juga menjadi orang yang berhasil.  Pada saat orang tersebut beranjak tua dan ia mulai membutuhkan bantuan anak-anaknya untuk menunjang kehidupannya, ternyata tidak satu orangpun dari anak-anaknya yang perduli. Jadi ia menerima pembalasan dari anak-anaknya sendiri. Sifat kikir yang ia tanamkan pada anak-anaknya akhirnya menghantam dirinya sendiri.

Cara kerja Allah yang selalu membuat suatu sistem penyelesaian untuk suatu urusan seringkali mengecohkan orang. Mereka percaya bahwa sistem itu adalah sesuatu yang sudah ada di alam, build in di alam. Jadi mereka mengatakan: “Ya itulah alam”. Mereka lupa bahwa  ada yang mengatur alam ini. Walahualam

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Spritual and Reflections. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s