Body Gesture -1 : Sikap Defensif

Pengantar

Body gesture adalah isyarat-isyarat tubuh yang menggambarkan  keadaan emosi seseorang yang keluar secara spontan sebagai respon atas situasi yang dihadapi. Body gesture ini ternyata bersifat universal dengan sedikit variasi diantara bangsa2  Untuk bisa mengerti body gesture dengan baik, gesture itu harus dibaca dengan  bingkai konteks situasi saat itu.  Setiap  gesture hanya berlangsung dalam waktu beberapa detik saja. Untuk mengerti bahasa nonverbal yang berlangsung, kita harus mengamati rangkaian gesture yang di isyaratkan oleh seseorang. Setiap gesture seperti satu kata; ia akan berarti jika beberapa kata dirangkai menjadi suatu kalimat. Tempat2 umum seperti airport, merupakan tempat yang baik untuk mempelajari body gesture. Kalau malas keluar rumah, acara2 diskusi dan interview di televise juga dapat digunakan untuk berlatih membaca body gesture. Caranya adalah dengan mengecilkan dan membesarkan suara televise dengan interval sekitar 5 menit untuk mencocokkan komunikasi non verbal yang kita baca dari body gesture dengan komunikasi verbal.   Berlatih membaca komunikasi non verbal ini mirip dengan belajar bahasa asing, semakin sering berlatih / mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,, semakin cepat pandai kita membaca komunikasi non verbal..

Body Gesture  Sikap Defensif

Perhatikan gambar2 berikut. Body gesture pada gambar2 tersebut mengisyaratkan sikap defensif.  Gbr-1 menyajikan cuplikan situasi di suatu pertandingan baseball. Karena pelanggaran2 yang dilakukannya, wasit (pria bertopi hitam, berdasi)  mengeluarkan salah seorang pemain. Tindakan wasit ini tidak bisa diterima oleh manager team (pria berkaos).  Sang manager berlari kearah wasit , lengan terayun kuat, menandakan kegeraman / ketidak sabaran untuk memprotest si wasit. Begitu nelihat si manager, wasit langsung menyilangkan kedua lengannya dalam gesture defensif.  Gesture wasit ini dengan jelas mengkomunikasikan bahwa ia siap untuk mempertahankan keputusannya, dan apapun yang dikatakan si manager tidak akan  merubah pendiriannya.  Kadang2 gesture defensif  ini dilanjutkan dengan gerakan memutar tubuh membelakangi si manager sebagai ungkapan bahwa menurutnya si manager terlalu banyak komplain.

BLOG BODY GESTURE 1_GBR 1

Gesture defensif ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pertemuan rekan2 seprofesi,  dalam pertemuan keluarga antara yang muda dan yang tua, dsb. Gesture ini sering disalah artikankan dengan sikap relaks.  Untuk membedakan perhatikan jari2 tangannya; gesture defensif dipertegas dengan jari2 yangmencengkram lengan dengan kuat seperti pada Gbr-2., atau jari2 yang mengepal seperti  Gbr-3 berikut.

BLOG BODY GESTURE 1_GBR 2 DAN 3

Pada wanita karena struktur tubuhnya yang berbeda dengan pria, maka mereka melipat tangnnya lebih dibawah, yaitu didaerah perut seperti pada Gbr-4, sebagai gesture defensif. Gesture defensif ini diperkuat dengan kaki yang dilipat seperti Gbr-5, maka jika anda pria yang sedang mendekati seorang wanita dan si wanita menunjukkan gesture ini, maka lebih baik anda segera meninggalkan wanita tersebut.

BLOG BODY GESTURE 1_GBR 4 DAN 5

Gesture defensif ini tidak saja dilakukan oleh orang yang mendengarkan usulan / uraian orang lain, tetapi kadang2 juga dilakukan oleh orang yang berbicara sebagai sikap protektif terhadap serangan dari para pendengar.

Sebagai penutup, jika anda sedang menawarkan suatu ide atau gagasan atau bahkan suatu jasa dan lawan anda menunjukkan sikap dfensif, maka anda harus menunda dulu penawaran anda dengan mengalihkan ke pembicaraan lain sampai lawan bicara anda menunjukkan sekap keterbukaan, baru anda lanjutkan penawaran anda.

–ooOOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Various Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Body Gesture -1 : Sikap Defensif

  1. hartono says:

    MENARIK SEKALI ARTIKELX. GESTURE YG TERBUKA SEPERTI APA YAH?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s