Body Gesture-2: Sikap Superior

Body gesture sikap superior ini merupakan penampilan khas para professional atau orang-orang yang rasa percaya dirinya besar, orang-orang yang dominan atau superior dilingkungannya. Pikiran orang-orang itu mengatakan sesuatu misalnya: saya mengetahui semua jawabannya; semuanya bisa diatasi; saya menguasai semua permasalah; saya tahu lebih banyak dari anda mengenai masalah ini; dan pikiran-pikiran lain sejenisnya.

Body gesture ini ditandai dengan kedua tangan ditaruh dibelakang kepala, dan badan ditarik jauh kebelakang. Seringkali gesture ini digabungkan dengan posisi duduk ala American gentlemen (Figure-four position), yaitu satu kaki ditumpangkan diatas kaki lainnya, membentuk angka 4, seperti ditunjukkan pada Gbr-1. Body gesture gabungan tersebut mengisyaratkan bahwa pria tersebut tidak saja merasa superior, tetapi juga siap untuk berdebat.  Gbr-2 menyajikan  situasi pertemuan dua orang professional yang masing-masing dalam hatinya berkata: “Saya sama hebatnya dengan anda”.

BLOG BODY GESTURE 2_GBR1 DAN 2

Hal sebaliknya terjadi pada situasi Gbr-3, pria disebelah kiri merasa superior dan pria disebelah kanan menerima kondisi itu dan membawakan diri sebagai bawahan / orang yang kalah.

BLOG BODY GESTURE 2_GBR 3

Untuk mengatasi lawan bicara dengan body gesture superior, anda bisa memaksanya berubah dengan menyodorkan sesuatu diatas meja diluar jangkauannya, sehingga ia harus menyondongkan tubuhnya kemuka untuk bisa mengambilnya. Meniru gesturenya juga salah satu cara mengatasi orang dengan gesture superior. Ini berarti anda siap untuk berdebat.

–ooOOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Various Tips and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s