Body Gesture-3: Sikap Keterbukaan, Sikap Tidak Mengerti, Sikap Berbohong

Body gesture sikap keterbukaan ditandai dengan menghadapkan kedua telapak tangan kearah lawan bicaranya.  Ketika seseorang  tengah mengatakan yang sebenarnya, tanpa disadarinya ia akan memperlihatkan seluruh atau sebagian telapak tangannya kepada lawan bicaranya, seperti ditunjukkan pada Gbr-1.       

Gesture keterbukaan ini sepintas mirip dengan gesture tidak tahu / tidak mengerti apa yang dibicarakan. Gesture tidak tahu / tidak mengerti apa yang dibicarakan ini ditandai dengan bahu dan alis terangkat, telapak tangan menghadap kedepan, seperti Gbr-2. Gesture ini mungkin diikuti dengan perkataan; “Saya tidak tahu apa yang harus lakukan?”.

                              BLOG BODY GESTURE 3_ GBR 1 DAN 2_REV          

Body gesture orang yang berbohong ditandai dengan gerakan menutup mulutnya. Hanya saja, semakin bertambah usia seseorang, gerakan menutup mulut ini semakin tersamar. Misalnya gerakan menutup mulut seperti Gbr-3.A disamarkan dengan pura-pura batuk. Gerakan menutup mulut ini juga biasa diperhalus dengan gerakan menyentuh hidung dengan jari telunjuk seperti Gbr-3.B.  Pada wanita, gerakan menutup mulut ini diperhalus dengan gerakan mengusap-usapkan jarinya secara perlahan didaerah sekeliling mulut (Gbr-3.C).  Perlu diketahui bahwa jika orang yang mendengar yang menutup mulutnya, berarti ia tidak percaya dengan orang yang berbicara.

BLOG BODY GESTURE 3_BERBOHONG_3A DAN 3B

    

BLOG BODY GESTURE_BERBOHONG_GBR 3C DAN 3D

Satu lagi  gesture orang yang berbohong selain gerakan menutup mulut, yaitu gerakan menggosok mata (Gbr-3.D). Ini adalah gerak refleks untuk menghindari melihat orang yang dibohongi. Para pria biasanya menggosok mata dengan cukup kuat, disertai kecenderung menatap kearah lantai. Para wanita menggunakan usapan ringan dibawah mata, disertai  kecenderungan  menatap kearah langit-langit.

–ooOOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Various Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s