Menambal Lubang Pada Kain Yang Terkena Rokok

Sering kali pakaian yang kita sayangi terkena rokok sehingga berlubang. Tentunya sayang jika pakaian tersebut menjadi tidak layak pakai. Untuk mensiasati agar lubang bekas rokok tersebut tidak kelihatan, caranya adalah sbb:

1. Gunting plastik (dari kantongan plastik yang bening) dengan ukuran sedikit lebih besar dari lubang yang akan ditambal.

2. Gunting perca seukuran plastik pada point 1 diatas, dari bahan yang sama dengan pakaian yang berlubang.  Karena ukuran perca yang dibutuhkan berukuran kecil, jika tidak tersedia sisa kain yang sama, maka perca bisa diambilkan dari lipatan2 dibagian dalam.

3. Tempelkan potongan plastik dari sebelah dalam kain hingga menutupi lubang, dan tempelkan juga potongan perca dibawah plastik, sehingga susunannya dari luar adalah sbb; kain yang berlubang, potongan plastik dibawahnya, dan potongan perca dibawahnya plastik. Arah serat potongan perca harus dibuat sama dengan arah serat kain yang berlubang.

4. Setrikalah dengan setrika panas, plastik akan hilang dan potongan perca akan menempel dari sebelah dalam, menutupi lubang pada pakaian. Kalau tidak sangat diamati, tidak akan terlihat tambalan ini.

–ooOOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Various Tips and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s