Tai Chi versus Chi Kung

Tulisan ini membandingkan antara Tai Chi versus Chi Kung berdasarkan pengalaman praktis penulis sebagai peserta latih.  Pada awalnya penulis hanya mengikuti latihan Tai Chi saja, dengan frekwensi latihan 2x perminggu, belakangan penulis mengikuti ajakan teman untuk mengikuti juga latihan Chi Kung dengan frekwensi 1x perminggu. Latar belakang penulis mengikuti latihan-latihan ini adalah karena ingin mendapatkan kesehatan, mengingat kegiatan penulis sehari-hari lebih banyak duduk dibelakang meja, sehingga secara perlahan tetapi pasti, kesehatan penulis menurun, dan mudah terserang flu.  Sampai saat ini penulis telah mengikuti latihan Tai Chi kurang lebih selama setahun, sedangkan latihan Chi Kung baru penulis jalani selama 2 – 3 bulan. Alhamdulillah, perlahan-lahan kesehatan penulis membaik.  Perlu diketahui bahwa kedua pelatihan yang penulis ikuti adalah pelatihan yang dilakukan secara serius, melelahkan dan memeras banyak keringat. Sekalipun tidak kalah melelahkannya dengan latihan senam aerobic, kedua latihan ini tidak mengandung gerakan yang menyentak, sehingga aman bagi penulis yang sudah berumur. Satu hal perlu diketahui bagi pembaca yang tidak mengenal Tai Chi, gerakan ditangan memang tidak bertenaga, tetapi dikaki sangat menguras energy. Pergerakan yang lambat dalam posisi kuda-kuda yang rendah sangat menyita energy, analoginya seperti push up dengan gerakan perlahan.

Berdasarkan pengalaman penulis perbedaan antara Tai Chi dengan Chi Kung adalah sbb: Pelatihan Tai Chi dapat dibedakan atas senam pernafasan sebagai pembuka, latihan jurus Tai Chi, yang popular 8 jurus dan 24 jurus, seperti latihan “kata” pada karate, dan senam penutup yang diantaranya ada yang disebut Zhang Zhuang dimana ditekankan mengenai pernafasan. Jurus-jurus Tai Chi relatif rumit dan bagi orang yang sudah berumur agak sulit untuk menghapalnya. Perlu waktu lama untuk bisa melakukan gerakan-gerakan jurus tersebut dengan benar. Tendangan pada Tai Chi sulit dilakukan karena dilakukan secara perlahan, sehingga perlu kaki yang kokoh untuk menjaga kesetimbangan tubuh. Tendangan pada Tai Chi ini lebih sulit dilakukan daripada tendangan pada karate, karena karate dilakukan secara cepat. Pada senam pernafasan Tai Chi maupun saat senam penutup termasuk saat Zhang Zhuang, tidak diatur secara ketat bagaimana cara pernafasan yang benar, yang diatur hanya saat menarik nafas dan saat membuang nafas. Suhu tidak pernah menjelaskan bagaimana cara nafas yang benar. Penulis yakin peserta latih melakukan pernafasan sesuai dengan seleranya masing-masing saja. Apalagi pada saat latihan jurus, kesulitan melakukan jurus-jurus itu otomatis menghilangkan konsentrasi atas pengaturan  pernafasan.

Kebalikannya pada pelatihan Chi Kung, tidak ada gerakan-gerakan yang rumit seperti pada jurus-jurus Tai Chi. Seluruh gerakannya sangat sederhana, dan sangat ditekankan pada pengaturan pernafasan. Diatur bagaimana cara bernafas, kapan menarik nafas dan kapan membuang nafas. Pernafasan yang dilakukan adalah pernafasan perut, dengan gerak perut kebalikan dari pergerakan perut natural pada saat orang tidur. Jadi gerakan-gerakan Chi Kung ini tidak seindah gerakan jurus-jurus Tai Chi. Sekalipun kedua latihan ini sama-sama bertujuan menyerap Chi (energy) dari alam, tetapi yang penulis rasakan latihan Chi Kung ini lebih efektif untuk memperbaiki kesehatan. Selain itu, sekalipun gerakannya sederhana, penulis merasakan bahwa latihan Chi Kung ini lebih meletihkan daripada latihan Tai Chi. Sedari awal oleh sang suhu ditekankan bahwa latihan Chi Kung ini untuk memperbaiki/menjaga kesehatan diri sendiri dan suatu saat mengobati orang lain dengan mentranfer energy kepada si sakit. Karena tidak tertarik dengan transfer energy, tetapi hanya tertarik untuk menjaga kesehatan diri sendiri, maka penulis tidak mengikuti latihan meditasi. Jika Tai Chi bersifat terbuka, dan banyak diikuti  oleh berbagai kalangan yang umumnya dari kalangan terpelajar, Chi Kung bersifat lebih tertutup dan diikuti oleh kalangan yang terbatas, sekalipun diawal latihan dibuka dengan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Demikian juga mengenai tempat latihannya, Tai Chi biasanya dilakukan ditempat yang terbuka, banyak dilihat orang, Chi Kung biasanya dilakukan ditempat tertutup yang tidak terlihat orang. Kecuali khusus mencari, sangat kecil kemungkinannya orang tanpa sengaja melihat latihan Chi Kung.  Satu hal lagi yang membedakan antara Tai Chi dan Chi Kung adalah mengenai seragamnya. Jika kaos seragam Tai Chi bisa berwarna apapun, seragam kaos Chi Kung biasanya berwarna merah, sehingga orientasi Chinese nya sangat kental terasa. Latihan Tai Chi memakai sepatu karet, latihan Chi kung dilakukan tanpa memakai alas kaki, karena disalah satu sesi peserta latih mengimajinasikan menangkap penyakit yang ada di organ-organ tubuhnya masing-masing, dan membawanya ketelapak kaki dan membuangnya ke bumi.

Sebagai penutup, perlu penulis tekankan bahwa untuk sehat kita harus menyediakan waktu untuk berolah raga, sesibuk apapun kita. Perlu memilih olah raga yang sesuai dengan umur dan sesuai dengan kesenangan kita masing-masing. Bagi kalangan muslim yang akan mengkuti latihan Chi kung ini penulis sangat menekankan perlunya berzikir mengikuti penarikan dan penghembusan nafas, seperti penulis uraikan pada tulisan “Senam Pernafasan”, agar tidak terombang ambing oleh lingkungan.

 

Gambar berikut merangkumkan perbedaan tai chi dan chi kung ( qi gong) yang lebih lengkap dibandingkan pengamatan penulis.

photo (8)

 

–ooOOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Spritual and Reflections and tagged , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Tai Chi versus Chi Kung

  1. yusuf h says:

    kalau boleh tau latihan tai chi n chi kung dimana?

    • yusuf h says:

      saya ingin sekali ikut latihan. Tp, gk tau tempatnya? Apakah dikediri ada?

      • Yusuf,
        Saya tdk tinggal di Kediri, jadi saya tdk bisa menjawab pertanyaan anda. Kalau di Jkt saya tahu. Latihan Tai Chi biasanya dilakukan pagi hari, mulai sekitar jam 6 ~ 6:30, karena mengharapkan kena matahari pagi. Jadi sabtu dan mimggu pagi2 keliling2, biasanya dilapangan diperumahan menengah atas, atau di tempat orang berolah raga, di Jkt misalnya di perumahan Bintaro Jaya, Kelapa Gading, di Senayan sekitar Stadion Gelora Bung Karno , dsb.

        Kalau Chi Kung susah menemukannya. Mungkin melalui salah seorang peserta latihan Tai Chi, tdk bisa cepat.

        Salam,

  2. Hardy says:

    Wah mantap Pak Irawan! Lanjut terus. Kalau saya dulu ikut hot yoga, sekarang malaj jarang, jadi kepingin ikut Chi Kung juga.

  3. Wenny says:

    Pak Irwansyah, dimana ya saya bisa belajar cikung, saya tinggal di bintaro jaya, adalah tempat terdekat atau kontan person pelatihnya? Mohon info, terima kasih, salam, wenny

    • Wenny,
      Saya pernah cari2 di sekitar Bintaro, tapi tdk ketemu. Saya juga ingin cari tempat latihan yg dekat rumah (saya juga tingga di Bintaro Jaya).Yang saya tahu di Jl. Toapekong, Cidodol-Kebayoran Lama, di bangunan sekolah (dilantai 3), disebelah Vihara.Jadwal latihan setiap Selasa sore Jam 17:00 – 18:15.
      Contact person: Benny Chandra 0816840674. Beliau adalah pelatih utama / ketua.

      Salam,

      • Suganto says:

        Pak Irawan, selamat malam. Tulisan Bapak di blog ini sangat baik dan membantu. Saya tertarik untuk belajar tai chi, dimana sy bisa belajar untuk daerah sunter/kelapa gading. Terima kasih. Salam, suganto.

      • Mas Suganto,
        Saya tahu pasti bahwa baik Tai Chi maupun Chi Kung ada di Kelapa Gading, tetapi tepatnya dimana saya kurang tahu.
        Bahkan saya tahu bahwa Chi Kung di Kelapa Gading adalah cabang dari Chi Kung di Bogor, yg merupakan perguruan Chi Kung terbesar di Indonesia.
        Mungkin alamatnya bisa dicari di Google.

  4. Willy says:

    Hallo pak Irawan, kl untuk daerah sunter latihan chi kung maupun tai chi bisa daftar kemana?
    Thank you

    • Hallo mas Willy,
      Saya tdk tahu semua tempat latihan chi kung maupun tai chi di Jakata.
      Kalau tai chi biasanya ada setiap perumahan yg agak luas. Sebaliknya chi kung sangat terbatas.
      Coba-coba cari melalui google, mudah2 an ketemu.
      Tai chi misalnya ada di Bintaro, di Pulo Mas, di Kelapa Gading, di Senayan (stadion Gelora Bung Karno), dan mungkin dilain2 tempat.
      Kalau chi kung yang saya tahu ada di Cidodol, Keb. Lama, dan Kelapa Gading. Perkumpulan chi kung yg besar ada di bogor, yg kelapa gading itupun cabang dari yg di Bogor. Ada baiknya, joint perkumpulan tai chi dulu, kemudian dari para anggotanya, tanya2 mengenai tempat latihan chi kung.
      Mudah2 an membantu.

      Salam,

  5. hirijanto says:

    Chikung Kylin Kelapa Gading semula merupakan poklat dari Cabang Bogor, sejak 2013 ditingkatkan menjadi cabang penuh yang menginduk langsung ke pusat di Jl Lodan. Chikung Kylin Cabang Kelapa Gading terbuka untuk umum, bagi para peminat yang ingin hidup lebih sehat silahkan datang ke tempat latihan di Aula RW 16 Kelapa Gading Timur, Jl. Janur kuning 12 Kelapa Gading, setiap Sabtu jam 08.00 pagi (hari Sabtu tanggal 28 Desember 2013 libur).
    Contact phone : 08161948588 atau 08161858819.

  6. creads88 says:

    Mau tanya info belajar chikung terdekat dimana yah?
    Sy tinggal di jembatan 5, jakarta.
    Mohon petunjuknya
    thx

    • creads88,
      Coba baca posting dari hirijanto dibawah ini, yg memuat tempat berlatih cikung di klp gading.
      Yg di klp gading itu adalah salah satu yg terbesar.
      Saya juga ada memposting alamat tempat berlatih cikung di cidodol, kebayoran lama, lihat posting2 sebelumnya.
      Yg dekat jembatan 5 saya tdk tahu.

  7. yuda says:

    siank
    saya yuda dari tasikmalaya
    saya tertarik pada tai chi+ chi kung
    ada tempt yank dkt gk yah d sini?

  8. Sudirman Ahmad Rasidin says:

    Selamat Pagi bapak Saya Sudirman Ahmad Rasidin saya sangat menukai Latihan Tai Chi antara lain Tai Chi Qigung karena saya pernah tingal di Hong Kong selama 6 bulan dan pagi2 saya lihat di Kowloon Park Hong Kong banyak orang latihan Tai Chi Qigung.kalo di jakarta di senayan di mana Pak mohon infonya terimakasih

    • Rasidin,
      Di Senayan bisa anda jumpai di Stadion Gelora Bung Karno, yg biasa dipakai main bola (yang bundar dan besar). Bukan didalamnya, tetapi di luarnya, tapi masih dibawah naungan atapnya. Kalau kita jalan berkeliling stadion GBK, kita akan menjumpai sekelompok orang yg berlatih Tai Chi. Latihan dimulai sekitar jam 6 – 7 pagi, tapi diawali dengan senam2 aerobic, agar orang tertarik utk ikut. Kalau tdk salah diadakan setiap hari, tapi yg pasti sabtu dan minggu pasti ada. Selamat berlatih.

  9. samsirman says:

    yang dimaksud perguruan chikung cidodol itu yang di sekolah budhis surya dharma bukan pak?

  10. hasan says:

    tempat latihannya d mana pak..? tolong kasih tau

  11. dian says:

    1. Yang mau belajar Chi Kung, CP: Andy:081325678995 tiap Minggu, pkl 10:30-11:30.
    2. Yang mau belajar Tai Chi, CP: Hendri: 0811829979 tiap hari, pkl 06:00-07:30.
    Di Vihara Ekayana-Jl. Mangga Ii no.8 Duri Kepa (Tj. Duren Barat-Greenville), Jakbar 11510. http://Www.ekayana.or.id

  12. daddy adoe says:

    maaf pak, sy posisi di sby klo mau ikut dimana ya pak??? terima kasih sblmnya

  13. adi says:

    thnz infonya pak. saya jadi tahu beda taichi dengan qi gong.
    saya belajar qi gong dari you tube… longwhitecloudqigong*com

  14. Martin says:

    Belajar chikung di bintaro sektor 5 ada ga pak???
    Makasi buat info nya

  15. slamat siang…mohon izin yang punya lapak…
    disini saya bermaksud mau berbagi ilmu tentang chikung99
    bagi yang berminat hub:wa 081311286974
    trimks

  16. pengin berbagi tentang chikung
    hub:wa081311286974
    trimks

  17. prima hari says:

    Selamat pagi,
    Mohon bantuan info dimana tempat berlatih tai chi dan chi kung yang penulis ikuti. Saya tertarik untuk mengikuti keduanya. Terima kasih banyak.
    Salam

    • Berlatih tai chi di Bintaro ada di Bintaro Xcahnge tiap sabtu dan minggu mulai 6:15 pagi. Seain itu juga ada di Jl. Penguin, Bintaro Sektor 3.
      Untuk berlatih chikung yg saya tahu adalah di Perguruan Teratai Putih, Jl Toapekong, di sekolah sebelah Vihara, tiap Selasa, jam 5:00 sore.
      Ada posting dibawah ini dari “darat chikung jkt” yg menawarkan belajar chikung disertai dgn no hp nya. Silahkan dihubungi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s