Body Gesture-6: Gesture Evaluasi

Didalam suatu acara presentasi dimana seseorang sedang menjual suatu produk, ide, atau gagasan, dengan mudah kita jumpai gesture evaluasi diantara orang-orang yang hadir dalam acara tersebut. Gesture evaluasi ditandai dengan tangan dikepal yang diletakkan pada pipi, disertai dengan jari telunjuk yang menunjuk keatas seperti ditunjukkan  Gbr.- 1.a. Variasi gesture evaluasi pada wanita ditunjukkan  Gbr. – 1.b.

BODY GESTURE EVALUATION_Gbr-1

Dalam tahap berkutnya gesture seperti Gbr. – 1 dapat berubah menjadi gesture evaluasi kritis yang ditandai oleh tangan pada dagu dimana  ibu jari menopang dagu, dan jari telunjuk   pada pipi menunjuk keatas. Jika gesture evaluasi kritis ini disertai dengan tubuh yang dicondongkan kemuka, seperti Gbr. 2, maka berarti evaluasi kritis disertai dengan ketertarikan untuk mengetahui lebih jauh. Tetapi jika geture evaluasi kritis ini disertai dengan tubuh yang ditarik kebelakang, berarti evaluasi kritis yang agak skeptis, dengan atitute “ wait and see “ terhadap materi presentasi yang disampaikan. Gesture lain yang mungkin muncul adalah gesture kebosanan seperti Gbr. – 3. Jika gesture ini yang ditunjukkan oleh audience, maka pembicara perlu merubah cara/gaya presentasi.

BODY GESTURE EVALUATION_Gbr-2 dan 3

Setelah pembicara menyelesaikan presentasinya dan meminta pendapat para audience, maka gesture evaluasi akan berhenti dan akan muncul gesture mengusap dagu yang menandakan bahwa yangbersangkutan sedang mengambil keputusan, seperti Gbr. – 4. Jika gesture mengusap dagu ini disertai dengan tubuh yang dicondongkan kemuka sebagai tanda sikap siaga, maka berarti orang tersebut telah memutuskan untuk membeli apa yang ditawarkan. Akan tetapi jika gesture mengusap dagu ini disertai dengan tangan yang melipat didada, bahkan kadang-kadang disertai juga dengan kaki yang melipat, dapat dipastikan bahwa ia menolak ide /produk yang ditawarkan. Body gesture lain yang mungkin muncul adalah gesture meminta tambahan waktu untuk berfikir atau tambahan informasi, seperti Gbr.-5 yang ditandai dengan memasukkan suatu objek (ujung tangkai kaca mata) kedalam mulutnya. Ini mengisyaratkan bahwa ia sementara belum bisa berkomentar. Variasi gesture yang lain adalah gesture kesulitan mendapatkan / melihat komentar yang tepat seperti Gbr.-6. Gesture memencet ujung atas hidung ini biasanya disertai dengan menutup mata, yang berarti ia tidak bisa melihat jawaban/komentar yang tepat

BODY GESTURE EVALUATION_Gbr-4, 5, dan 6

–ooOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Various Tips and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s