Tahukah Anda-3: Islam Tidak Menghendaki Doa Seperti Pengemis Berdoa

Pengemis selalu mendoakan orang yang meberikan sedekah kepadanya,dan pengemis itu tidak pernah mendoakan untuk dirinya sendiri. Padahal kalau ia mendoakan  dirinya sendiri, mungkin ia tidak perlu meminta-minta. Ini sesuatu yang tidak dikehendaki Islam. Jika seseorang berdoa atau melakukan  suatu perbuatan baik untuk orang lain (pahalanya diniatkan untuk orang lain), maka orang tersebut harus mendoakan juga dirinya sendiri atau telah melakukan perbuatan baik itu untuk dirinya sendiri. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Seseorang hanya boleh badal haji (menghajikan) orang tuanya atau orang lain hanya jika ia sendiri telah ber haji. Jika tidak maka badal haji nya tidak diterima.

2.  Seseorang boleh melakukan  sedekah jariah untuk orang tuanya yang telah                             meninggal, misalnya, tetapi dia sendiri harus sudah pernah melakukan sedekah                     jariah untuk dirinya sendiri.  Sedekah jariah ini tidak hanya untuk pembangunan                   mesjid atau madrasah saja, tetapi juga bisa untuk membangun jembatan bagi                         masyarakat, rumah sakit/balai pengobatan bagi orang tidak mampu, dan lain-lain                 perbuatan baik bagi orang banyak yang bertahan lama. Selama bangunan /                             fasilitas   yang dibangun masih berfungsi, maka pahala akan terus mengalir untuk                 orang yang kita kirimi sedekah jariah tersebut.

3.  Doa pada shalat jenazah (laki-laki), setelah takbir ke 4:  ” Allaahumma laa                               tahrimnaa ajrahu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfir lanaa wa lahu”.   Artinya: Ya                    Allah, jangan Engkau luputkan kami akan pahalanya, dan janganlah Engkau                            berikan  kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.

 –ooOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Spritual and Reflections and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s