Desain Fondasi Jetty

1. BACKGROUND                                                                                                                   Untuk menunjang operasi loading – unloading CPO dan CPKO, maka akan dibangun sebuah dermaga baru di salah satu muara sungai di Kalimantan Timur, untuk suatu saat menggantikan dermaga existing yang terbuat dari kayu, yang kapasitasnya sudah tidak mencukupi kebutuhan. Pembangunan dermaga baru ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap, dimana setelah tahap-1 selesai, maka dermaga existing akan tetap beroperasi bersama-sama dengan dermaga baru tahap-1. Dermaga baru tahap-2 akan dibangun kemudian, dimana dermaga existing akan berhenti beroperasi dan dibongkar setelah dermaga baru tahap-2 selesai. Rencana operasi keseluruhan dermaga ini menentukan pembagian tahap-1 dan tahap-2 dari dermaga baru, serta posisi jetty head.Jadi selain geotechnical engineers, yang berperan penting didalam pekerjaan ini adalah seseorang yang menguasai dengan detail operasi suatu dermaga, termasuk peralatan-peralatan pada dermaga. Uraian berikut menjelaskan mengenai perencanaan fondasi untuk Breasting dolphin, Jetty Head dan Trestle.

2. JETTY LAYOUT
Ukuran kapal yang akan bersandar pada dermaga ini sangat bervariasi, dari kapal yang terkecil dengan panjang 34 m s/d kapal terbesar dengan panjang 92 m. Sesuai permintaan owner bahwa baik kapal kecil maupun kapal besar harus dapat bersandar pada sembarang tempat sepanjang dermaga, maka jarak antara breasting dolphin ditentukan berdasarkan panjang kapal yang terkecil, sehingga jarak antara breasting dolphin yang digunakan adalah 9 m ~ 12 m, akan tetapi gaya tumbukan kapal terbesar yang digunakan untuk mendesain fondasi breasting dolphin. Simulasi berbagai kemungkinan bersandarnya kapal dari berbagai ukuran perlu dilakukan untuk menentukan posisi eksak beberapa tipe breasting dolphin yang digunakan, seperti diilustrasikan pada Gbr.-1.

Gbr 1 Jetty Layout

Gbr.-1: Jetty Layout

Rencana jetty terdiri dari 16 Breasting Dolphin (B1 ~ B16), 2 Mooring Dolphin (MD1 dan MD2), Jetty Head dan Trestle. Breasting dolphin didesain untuk kapal tipe Barge 300ft dengan kapasitas 5000 DWT. Kapal tipe Barge 300ft ini sebenarnya berkapasitas 7500 DWT dengan draft = 4.8 m, tetapi karena elevasi river bed di -4.2 m LWS maka draft available hanya 3.2m. Jadi kapasitas kapal dibatasi 5000 DWT saja. Khusus untuk breasting dolphin B13 dan B14, kedua sisinya akan digunakan untuk bersandar kapal; pada sisi sungai untuk bersandar kapal 5000 DWT dan pada sisi darat untuk bersandar tugboat (lihat Gbr-1). Tidak ada data untuk tugboat sehingga dengan persetujuan owner, data yang digunakan dalam analisa adalah data kapal terkecil (750 DWT).

Pada Jetty Head terdapat 3 buah breasting dolphin, tetapi sistem struktur Jetty Head dan breasting dolphin terpisah, dengan jarak tertentu untuk mengantisipasi defleksi breasting dolphin akibat tumbukan kapal. Jadi Jetty head tidak perlu didesain untuk menahan beban tumbukan kapal.

3. DATA YANG DIGUNAKAN DALAM DESAIN
3.1. Data Pasang Surut
Elevasi pasang surut yang digunakan dalam desain adalah sebagai berikut :
– HWS = + 2.5 m
– LWS = + 0.0 m

Elevasi Dolphin dan Jetty Deck
Elevasi deck dari dolphin dan jetty tergantung pada water depth dan tidal range seperti uraian berikut:
Water depth 4.2 m < 4.5 m )
Tidal range 2.5 m  < 3m       ) –> Elevasi deck menurut standard Jepang =                                                                                         HWS + (0.5 ~ 1.5 m)  =  +2.5 + (0.5 ~ 1.5)   =                                                                                     +3.0 m ~ + 4.0 m                                     

Elevasi deck diambil pada +4.0m

3.2. Data Tanah                                                                                                                          Profil tanah serta plot  “NSPT vs  Kedalaman” disajikan pada Gbr. 2. Parameter tanah yang digunakan dalam desain juga disajikan pada Gbr.-2. River bed (permukaan tanah) terletak pada -4.2 m LWS.

Gbr 2 Profil Tanah

Gbr.2: Profil Tanah dan Parameter Tanah

3.3. Data Kapal                                                                                                                    Disetiap tempat dari dermaga baru harus dapat digunakan untuk bersandarnya semua ukuran kapal yang biasa bersandar. Oleh karena itu setiap dolphin harus didesain untuk bersandarnya kapal terbesar, yaitu kapal 5000 DWT, kecuali sisi dalam dolphin B13 dan B14, yang hanya didesain untuk bersandarnya kapal terkecil, yaitu kapal 750 DWT.  Data-data dari kapal 5000 DWT dan 750 DWT adalah seperti Tabel-1 berikut :

Tabel Data Kapal

 

4.   DESAIN FONDASI BREASTING DOLPHIN                                                             4.1. Sistem Fondasi Breasting Dolphin

Sistem fondasi breasting dolphin terdiri dari kelompok tiang-tiang baja (group of steel pipe pile) yang diikat dengan pile cap beton pada bagian atas. Steel pipe pile yang digunakan terdiri dari tiang tegak dan tiang miring.

Dimensi serta mutu steel pipe pile yang digunakan adalah :

–         Outer Diameter (OD)    = 812 mm                                                                                        –         Thickness (t)                  = 16 mm                                                                                            –        Mutu baja : BJ 37, fy =  2400 kg/cm

4.2. Tipe Breasting Dolphin                                                                                             Berdasarkan tipe kapal yang akan bersandar dan peralatan yang akan ada pada deck dolphin maka ke enam belas breasting dolphin dikelompokkan kedalam 4 tipe tergantung dari luas deck yang dibutuhkan, seperti dirangkumkan  pada Tabel-2.

Tabel 2 Tipe BD

Perlu dicatat bahwa kebutuhan luas pile cap untuk kebutuhan fondasi dari keseluruhan dolphin, kecuali dolphin B13 dan B14,  sebenarnya hanya 4m x 4m, oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan deck area untuk peralatan,  dipenuhi dengan menambahkan cantilever beam + concrete deck dengan panjang 1 m untuk Tipe-2 dan 2.5 m untuk Tipe-3.  Sketsa denah fondasi serta potongan untuk masing-masing tipe breasting dolphin disajikan pada Gbr.-3.1 dan 3.2.

Gbr 3.1  Breasting Dolphin Tipe 1 dan Tipe 2

 Gbr.3.1.: Denah dan Potongan  Breasting Dolphin, (A) Tipe-1 dan (B) Tipe-2                                                                                                                                                                                          

Gbr 3.2 Breasting Dolphin Tipe 3 dan Tipe 4

Gbr.3.2.: Denah dan Potongan  Breasting Dolphin, (C) Tipe-3 dan (D) Tipe-4                                                            

4.3. Beban-Beban Yang Bekerja Pada Breasting Dolphin                                   Beban-beban yang bekerja pada breasting dolphin terdiri dari ;                                               a. Beban Vertikal (DL dan LL)                                                                                                                   DL terdiri dari : berat sendiri breasting dolphin, berat fender, berat bolard, berat pipe rack, berat pompa, berat catwalk.                                                                                                  

  • b. Beban Tumbukan Kapal (Berthing Load)

 Berthing energy dihitung dengan menggunaka formula sbb :

Rumus Berthing Energy

dimana :                                                                                                                                               E    = Berthing load  ( ton-m )                                                                                                          w1  = Displacement tonnage ( ton )                                                                                                  v    = Berthing speed ( m/s ) = 0.15 m/s                                                                                         g    = Gravity acceleration = 9.8 m/ s2                                                                                                                                                                                             Ce = Eccentricity factor                                                                                                                 Cm= Virtual mass factor                                                                                                                  Cs  = Softness factor                                                                                                                            Cc  = Berth Configuration coefficient

Dari besarnya berthing load, ditentukan fender yang dipakai, dan masing-masing tipe fender memberikan  gaya lateral pada dolphin seperti dibawah ini.

Untuk kapal 5000 DWT —  Berthing load= 9.77 ton-m                                                                 Dipakai Fender Bridgestone Tipe FV005-4-2 dengan kemampuan menyerap energy  sebesar 10 ton-m. Reaction force/Gaya lateral = 75 ton

Untuk kapal 750 DWT –> Berthing load = 2.51 ton-m
Dipakai Fender Bridgestone Tipe FV005-4-4 dengan kemampuan menyerap energy sebesar 5 ton-m. Reaction force/Gaya lateral = 38 ton

c. Beban Mooring
Untuk kapal 5000 DWT — Gaya bollard = 350 kN (horizontal)
Untuk kapal 750 DWT    — Gaya bollard = 150 kN (horizontal)

Untuk desain, perlu dimasukkan gaya bollard arah vertical sebesar 50% gaya bollard horizontal.

d. Beban Environmental
– Beban Arus (Current Load) pada Kapal
– Beban Arus (Current Load) pada Pile                                                                                                                                     dimana kecepatan arus = 1.5 m/sec.

Current load baik pada kapal maupun pada tiang dihitung dengan rumus berikut:

Rumus Current Load

dimana:                                                                                                                                                R = Gaya horizontal akibat arus:    Utk kapal, pada luas basah kapal arah tegak lurus  arus;   Utk pile, pada penampang basah tiang dalam arah tegak lurus arus.                              p = Water mass density                                                                                                                     C = Constant:  Utk kapal = Coefficient of Fluid Pressure, tergantung perbandingan water depth  dan  draft kapal. Utk pile = Drag Force Coefficient, tergantung pada bentuk pile: circular tergantung Reynold Number dan surface roughness, non circular tergantung angle of incident.                                                                                                                                           V = Kecepatan arus.                                                                                                                         As = Luas basah penampang kapal atau tiang yang tegak lurus arah arus.

e. Beban Gempa
Gempa statik ekivalen dihitung dengan rumus sbb:

Rumus Beban Gempa

dimana:                                                                                                                                                    Vi = Gaya gempa static ekivalen                                                                                                    C1 = koefisien gempa tergantung wilayah gempa                                                                               I = Faktor keutamaan                                                                                                                         R = Faktor reduksi                                                                                                                              Wt = Total DL.

Rangkuman data beban pada breasting dolphin disajikan pada Tabel-3.

Tabel 3 Data Beban

Kombinasi beban yang digunakan dalam analisa breasting dolphin adalah sebagai berikut :

♦ Untuk Breasting Dolphin Tipe-1, Tipe-2, dan Tipe-3
Load combination 1 = DL + LL + B + CP
Load combination 2 = DL + LL + M + C + CP
Load combination 3 = DL + LL + M + C + CP ± Ex ± 0.3 Ey
Load combination 4 = DL + LL + M + C + CP ± 0.3 Ex ± Ey
Load combination 5 = DL + LL + CP ± Ex ± 0.3 Ey
Load combination 6 = DL + LL + CP ± 0.3 Ex ± Ey

♦ Untuk Breasting Dolphin Tipe-4
Load combination 1a = DL + LL + B(5000DWT) + CP
Load combination 1b = DL + LL + B(750DWT) + CP
Load combination 1c = DL + LL + B(5000DWT) + CP + M(750DWT) + C(750DWT)
Load combination 1d = DL + LL + B(750DWT) + CP + M (5000DWT) + C(5000DWT)
Load combination 2a = DL + LL + M(5000DWT) + C(5000DWT) + CP
Load combination 2b = DL + LL + M(750DWT) + C(750DWT) + CP
Load combination 3 = DL + LL + M(5000DWT) + C(5000DWT) + CP ± Ex ± 0.3Ey
Load combination 4 = DL + LL + M(5000DWT) + C(5000DWT) + CP ± 0.3 Ex ± 1.0 Ey
Load combination 5 = DL + LL + CP ± Ex ± 0.3 Ey
Load combination 6 = DL + LL + CP ± 0.3 Ex ± Ey

dimana :
DL = Dead Load
LL = Live Load
B = Beban Tumbukan Kapal (Berthing Load)
M = Beban Mooring
C = Beban Arus (Current Load) pada Kapal
CP = Beban Arus (Current Load) pada Pile
Ex, Ey = Beban Gempa arah X dan Y

4.4. Daya Dukung Tiang
Untuk mengecheck reaksi tiang hasil analisa GROUP, perlu diketahui daya dukung tarik dan tekan dari fondasi tiang. Hasil perhitungan daya dukung tiang   disajikan pada Tabel-4.

Tabel 4 DD Tiang

4.5. ANALISA BREASTING DOLPHIN
a. Metoda Analisa
Analisa breasting dolphin yang dibebani gaya-gaya seperti diuraikan diatas, dilakukan menggunakan program GROUP 3D dari Ensoft, USA. Penggunaan program ini dipercaya akan memberikan analisa dengan lebih akurat, dibandingkan jika menggunakan program SAP yang biasa digunakan perencana dermaga dengan background structural engineering. Alasannya adalah karena GROUP 3D mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk memodel tahanan tanah.  Gaya-gaya yang bekerja pada suatu dolphin, meliputi gaya aksial, gaya lateral, dan momen dipindahkan dulu ketitik beratnya, baru dilakukan analisa.
Pemodelan konfigurasi tiang yang digunakan dalam analisa dengan program GROUP 3D disajikan pada Gbr.-4.1 untuk breasting dolphin Tipe-1, Tipe-2, and Tipe-3; dan pada Gbr.-4.2 untuk breasting dolphin Tipe-4.

Gbr 4-1 Pemodelan GROUP Tipe 1

(a) Bird’s View                                                            (b) Side View

Gbr-4.1: Pemodelan Konfigurasi Tiang pada Analisa dengan Program  GROUP 3D  Untuk Breasting Dolphin Tipe-1, Tipe-2, and Tipe-3

Gbr 4-2 Pemodelan GROUP Tipe 4

                               (a) Bird’s View                                                            (b) Side View

Figure-4.2 : Pemodelan Konfigurasi Tiang pada Analisa dengan Program GROUP 3D  Untuk Breasting Dolphin Tipe-4

b. Hasil Analisa
Rangkuman reaksi tiang maksimum dan stress tiang maksimum disajikan pada Tabel- 5.1 s/d 5.4.  Dari hasil analisa pada semua tipe Breasting Dolphin pada Tabel 5.1 s/d 5.4 dapat disimpulkan sbb:                                                                                                                                 – Reaksi tiang maksimum tekan = 1080 kN ≤ Qa tekan = 2900 kN — ok                                – Reaksi tiang maksimum tarik = 639 kN ≤ Qa tarik = 1300 kN — ok

tabel 5.1-5.4 rangkuman reaksi tiang dan stress tiang

– Check Stress Pada Tiang
Mutu Baja BJ37 — Yield stress (fy) = 2400 kg/cm2, dan Allowable stress = 1600 kg/cm2
Dari hasil analisa, maksimum stress pada tiang = 1480 kg/cm2 ≤ Allowable stress = 1600 kg/cm2 — ok.  Contoh pile stress contour disajikan pada Gbr.- 5. Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa stress maksimum terjadi pada kepala tiang.

Gbr 5 Contoh Pile Stress Contour Tipe 3

Note : Unit Stress in kPa

Gbr-5 :  Pile Stress Contour – Breasting Dolphin Tipe-3  – Load Comb. 3

5. DESAIN FONDASI JETTY HEAD DAN TRESTLE
5.1. Sistem Fondasi Jetty Head Dan Trestle
Sistem fondasi Jetty Head dan Trestle menggunakan steel pipe pile, dan terdiri dari tiang tegak dan tiang miring. Pada awalnya fondasi yang digunakan tegak semua, tetapi defleksi yang terjadi akibat kombinasi beban gempa relatif besar sehingga digunakan kombinasi tiang tegak dan tiang miring . Trial and error dilakukan untuk menentukan posisi tiang-tiang miring sehingga tidak saling bertabrakan dan efektif menahan gaya lateral arah x dan y yang kurang lebih sama besar.

Dimensi serta mutu steel pipe pile yang digunakan adalah :
– Outer diameter (OD) = 609 mm
– Thickness (t) = 16 mm
– Steel Grade: BJ 37 — fy = 2400 kg/cm2

Denah fondasi Jetty Head danTrestle  disajikan pada Gbr.  6

Gbr 6 Denah Fondasi Jetty Head dan Trestle

Gbr-6: Denah Fondasi Jetty Head dan Trestle

5.2. Beban-Beban Yang Bekerja Pada Jetty Head Dan Trestle
Beban-beban yang bekerja pada Jetty Head dan Trestle terdiri dari ;
a. Beban DL dan LL
b. Berat Pipa dan Minyak
c. Beban Mobile Crane dan Truck                                                                                                    d. Beban Gempa

5.3. Daya Dukung Tiang
Rangkuman daya dukung tiang untuk Jetty Head dan Trestle disajikan pada Tabel-6.

Tabel 6 DD Tiang Jetty Head

5.4. Hasil Analisa Jetty Head Dan Trestle
Analisa breasting dolphin dilakukan menggunakan program GROUP 3D dari Ensoft, USA.
Rangkuman hasil analisa adalah sbb :
– Jetty Head
Reaksi tiang maksimum tekan = 1330 kN ≤ Qa tekan = 1900 kN — ok
Pile Stress maksimum = 716 kg/cm2 ≤ Allowable stress = 1600 kg/cm2 — ok

– Trestle
Reaksi tiang maksimum tekan = 1600 kN ≤ Qa tekan = 1900 kN — ok                                 Pile Stress maksimum = 1580 kg/cm2 ≤ Allowable stress = 1600 kg/cm2 — ok

6. PENUTUP                                                                                                                                Dari desain seperti pekerjaan desain ini  beberapa hal dapat dilakukan untuk penghematan:
a. Pembagian dermaga atas zona-zona yang membatasi ukuran kapal yang diperbolehkan bersandar pada suatu zona memungkinkan dilakukannya desain breasting dolphin yang lebih efisient. Untuk kapal besar, fondasi dolphin lebih kuat, tetapi jarak dolphin bisa lebih jauh.  Sebaliknya untuk kapal kecil, sekalipun diperlukan jarak dolphin yang lebih dekat, tetapi tidak diperlukan fondasi yang kuat karena berthing load yang kecil.  Sekalipun demikian, pembagian dermaga atas zona2 ini akan merepotkan pada waktu operasi dermaga.

b. Hasil analisa menunjukkan bahwa tegangan yang tinggi hanya terjadi pada daerah sekitar kepala tiang (pada proyek ini sekitar 2m teratas dari panjang tiang), sebagai akibat bekerjanya gaya lateral dan momen pada tiang dengan free cantilever yang relatif besar (free cantilever ini bertambah besar karena tanah lapisan atas yang lunak). Pada sebagian besar panjang tiang, tegangan yang timbul relatif rendah. Dengan demikian dimensi tiang dapat diperkecil mengikuti kebutuhan sebagian besar panjang tiang dan memperkuat bagian atas tiang. Diantaranya dengan memakai double steel pipe yang konsentrik pada bagian atas tiang.

c. Terakhir, analisa akan lebih akurat bila memakai program komputer yang dapat memodel tahanan tanah dengan lebih akurat dibandingkan program struktur. Program struktur umumnya memodel tahanan lateral tanah dengan spring satu arah, tidak bisa bolak balik. Selain itu perlu asumsi lokasi perletakan jepit pada suatu kedalaman tiang.

–ooOOoo–

About irawan firmansyah

Civil Engineer majoring in Geotechnical Engineering
This entry was posted in Anything About Geotechics and tagged , , , . Bookmark the permalink.

41 Responses to Desain Fondasi Jetty

  1. Tulisan yang menarik pak…
    Thx to rapid development of computer technology.
    Dulu pernah 2~3 kali menghitung pekerjaan design sejenis itu…, namun masih manual dan pakai tabel2…, mudah2an dermaga, jetty , breasting dolphin, dan mooring dolphin nya masih berdiri…Hehehe.

    Salam,

    Annin Hudaya_Stadin

  2. Bonifacius Yogatama says:

    Menarik sekali semua artikel bapak tentang ilmu geoteknik ini. Saya boleh tanya Pak, untuk perencanaan pelabuhan, baik pelabuhan peti kemas maupun pelabuhan untuk fasilitas oil & gas, standar internasional apa saja yang digunakan dalam perancangan, penentuan beban, dan hal-hal lainnya? Terima kasih Pak… saya selalu men-share kan link tulisan Bapak ke teman-teman saya..

    • Terima kasih mas Yoga,
      Saya be;um mendesain pelabuhan international. Standard yg saya gunakan selain standard2 SNI utk baja dan beton adalah sbb:
      1, Standard Design Criteria for ports in Indonesia, Dit Jen of Sea Communication (dit jen perhub Laut) 1984
      2. Technical Standards and Commentaries for Port and Harbour Facilities in Japan, by Overseas Coastal Area Development Institute of Japan (OCDI), 2012

      Salam,

  3. sadma says:

    Sangat bermanfaat pak Irawan, terutama utk saya yg domisili di Batam dan banyak memerlukan jetty utk kapal.

    Salam,

    sadma – mantan engineer Power Div. PTW

  4. Robert says:

    Salam pak Irawan,
    Mohon bantuannya Pak bagaimana untuk memunculkan gambar
    pada tulisan https://irawanfirmansyah.wordpress.com/2013/05/29/desain-fondasi-jetty/
    sebagian gambar pada tulisan tersebut tidak muncul
    (gbr-1-jetty-layout,gbr-2-profil-tanah_rev,tabel-1-data-kapal,tabel-2-tipe-breasting-dolphin
    eqn-1-blog,eqn-2-blog,eqn-3-blog,tabel-3-rangkuman-data-beban-pada-breasting-dolphin
    tabel-4-rangkuman-daya-dukung-tiang-utk-breasting-dolphin,gbr-4-1-pemodelan-group-tipe-1
    gbr-4-2-pemodelan-group-tipe-4,gbr-5-contoh-pile-stress-contour-tipe-3,
    tabel-6-rangkuman-daya-dukung-tiang-utk-jetty-head-dan-trestle)
    saya sudah membukanya di mozilla, internet explorer dan google chrome, tetapi hasilnya sama tidak nampak.
    Bagaimana jika pelat lantai dermaga atau jetty dari precast, bagian mana saja dari lantai yang
    harus kita periksa, apakah sambungan antar precast perlu kita periksa juga, kalau perlu terhadap
    gaya2 apa saja yang maksimum atau ekstrim perlu diperiksa.
    Terimakasih atas bantuannya.

    Salam

    • Dear Robert,
      Mohon maaf ada kesalahan teknis, sehingga gambar2 dan pers tdk bisa dibaca. Khusus untuk tulisan ini sudah saya perbaiki. Ternyata masalah yg sama juga terjadi pada tulisan2 yg lain, dan secara bertahap akan saya perbaiki.
      Mengenai lantai precast untuk dermaga / jetty, pada prinsipnya sama dengan lantai precast untuk konstruksi lainnya. One way precast slab untuk bagian bawah dan topping yang merupakan cast in situ slab. Topping ini yang menyatukan one way slab-one way slab tersebut sehingga tdk terjadi perbedaan defleksi antara satu precast slab dengan sebelahnya. Mohon maaf, hanya itu yg bisa saya sampaikan mengenai lantai precast, karena saya bukan ahli didalam subject tersebut.

  5. aprianto says:

    thanks ya Pak…mirip banget dengan dermaga yang akan kami kerjakan.. for loading & unloading CPO.

  6. Jo says:

    Untuk technical standards and commentaries for port and harbour facilities in japan-ocdi 2012 saya bisa minta file nya pak? Terima kasih.

  7. Terimakasih Pak Artikelnya..nambah Ilmu
    Salam…Gada Bina Usaha – Rubber Fender

  8. Jo says:

    Terima kasih pak sebelumnya untuk artikelnya.
    Ingin menanyakan Pak, untuk program group 3D apakah untuk me-running program kita harus punya lisensi aslinya dulu atau bagaimana ya Pak?
    Terima kasih

  9. syaiful antemad says:

    Dear Pak Irawanfirmansyah,
    terima kasih banyak atas tulisannnya, saya belajar dari nol mengenai design pelabuhan, pas sekali sekarang ini saya sedang mengikuti tender untuk pelabuhan batubara. Apakah saya bisa membeli soft copy untuk detail gambar designnya pak? Kalau bisakemana saya harus menghubungi Bapak.
    teima kadih bsnyak atas bantuannya.
    Salam,
    syaiful

  10. Meri Surya R says:

    siang pak saya mau tanya kalo pemodelan SAP2000 untuk jetty dolphin ada manualnya ga pak ? timkasih

  11. Deni says:

    makasi artikelnya…sangat bermanfaat pak, nambah nambah ilmu..

  12. berangketr says:

    Aslm pak irawan,
    Salam kenal, ada beberapa hal yang ingin saya tambahkan dalam desain fender:
    1. Energy berthing yg telah dihitung di atas harus dikalikan dengan toleransi manufaktur (biasanya 10%) dan faktor keamanan juga harus memperhatikab Velocity faktor dan temperaru faktor pada area tersebut berdasarkan standar PIANC2002 atau BS6349: 4, dapat ditulis dengan rumus:
    Er > E x (1+T) x SF / (VF x TF)
    Dimana :
    Er = energi berhing pada katalog
    E = Energi berthing yang di hitung
    T = toleransi manufaktur (10%)
    SF = Faktor keamanan berdasarkan PIANC
    VF = Velocity faktor
    TF = Temperature faktor

    2. Berthing load yang didapat harus dikombinasikan dengan gaya akibat friksi kapal dan fender dimana nilai friksi tergantung pad dari fender, bisa dilihat di PIANC2002 atau BS6349:4

    Semoga tambahannya bermanfaat..

    Thanks

  13. Tb. Muh. Khairul Anwar says:

    salam pak irwan, trimakasih banyak materi yang bapak sampaikan sangat berguna untuk pembelajaran saya

  14. Andy says:

    Salam Pak Irawan,

    Sangat bermanfaat Pak tulisannya, memberikan pemahaman kepada saya mahasiswa yang sedang belajar mendesain dermaga jetty. Kalau boleh tahu, apakah Bapak mempunyai referensi ataupun tutorial step-by-step perencanaan dermaga jetty baik analisis dengan software ataupun secara manual Pak? Terima kasih banyak Pak atas bantuannya..

  15. bogie mahardhika says:

    Terimakasih infonya
    dulu pernah desain jetty untuk kepentingan TA, masih manual dan dibantu excel + SAP

    mohon info link download software group 3d dari ensoft pak…..
    saya mencari di google tidak nemu… sekalipun demo

  16. Rindianto Rahmatullh says:

    Terima kasih Pak Irawan atas berbagi ilmunya, sangat bermanfaat dalam membantu saya menggarap Tugas Akhir dermaga saya saat ini.

    mau tanya Pak apa Bapak mempunyai Katalog Marine Loading Arm? akan saya pergunakan untuk penyelesaian Tugas Akhir saya Pak, jika berkenan boleh dishare Pak?
    Terima Kasih sukses selalu

  17. Hasan S. says:

    Terima kasih infonya, cukup dipakai untuk desain dermaga/jetty baru di lokasi. baru. Tapi tidak di hitung analisa dan gelombang jk ditemui lokasi ektrim yang tidak cukup dg analisa pasut, karena pasut tdk bisa mengetahui tinggi gelombang dan kecepatan, tapi sekali terima kasih atas informasinya.

  18. Ahmad Renaldy Jurais says:

    terima kasih pak irawan atas infonya,
    saya ingin menanyakan mengenai code/ rules yang bapak gunakan untuk desain jetty ini apa yah pak?

    salam

  19. jetty electrical layout says:

    i wont electrical drawing for jetty

  20. andi says:

    Selamat sore pak irawan. Bagus petunjuk desainnya….semoga bisa bermanfaat buat piling kontraktor offshore….

  21. Deni says:

    Pak Irawan, terima kasih sangat membantu sekali untuk penjelasannya.
    Ada sedikit pertanyaan pak, pada penentuan kh (coeff.subgrade reactions) pada report untuk perencanaan lateral load pada tiang jetty dll. sering menemukan rumus, kh = 0.15*N-SPT, apakah rumus ini merupakan rumus empiris atau hasil penurunan? Barangkali bapak punya referensi rumus ini pertama kali dibuat oleh siapa ya.. terimakasih

    • Kh = 0.15 N-SPT adalah rumus empiris.
      Pertama saya lihat di satu serie buku Bridge Substructure yg merupakan standard di jepang. Tapi kemudian saya lihat dibeberapa sumber lainnya.
      Yang pertama menemukan saya kurang jelas.

  22. terimakasih banyak pak, akhirnya saya bisa sedikit memahami tentang desain pondasi jetty , sangat bermamfaat, sekali lagi terimakasih banyak pak

Leave a reply to irawan firmansyah Cancel reply